Jumat, 02 Mei 2008

Akhirnya terbang lagi...

Kemarin Jumat 2 May 2008, ngantor seperti biasa, libur 2 hari (kamis tanggal merah tapi rabunya meliburkan diri lantaran ujan deras sepanjang hari), Jum'at males juga masuk tanggung sih, tapi akhirya justru ada briefing di ruang komandan.

Ternyata ada dropping mission, awalnya tidak mengira jika bakal dapat tugas di misi tersebut, jadi santai-santai aja, pas komandan membeberkan personel" yang terlibat baru terperanjat dan menyadari kalo nama gue sendiri yang dipanggil yaaah...

Padahal di dalam masih banyak personel yang bisa diandalkan, selain itu masih ada perwira senior lainya yang seharusnya mengambil tugas ini. Tapi apa boleh buat keputusan komandan sudah ketuk palu apa boleh buat.

Akhirnya terbang lagi, setelah sekian lama grounded lantaran keterbatasan suku cadang dan dana pemeliharaan
Misi kali ini adalah dropping pasukan dan logistik, mengerahkan dua mobile air unit, yang 1 buat personel dan yang 1-nya buat equipment, destination di peta dengan kode Romeo-Tanggo-Uniform (RTU) itulah tujuan kami dan mesti dropping pasukan disana,

Dalam hati saya berpikir lagi "ah paling kali ini diminta bawa cargo" ternyata komandan lagi-lagi bikin kejutan "Fachrie bawa angkut personel...dan xxx bawa cargo sedangkan leadernya xxx"
xxx leader gue yang tidak bisa gue descripsikan disini (secret), callsign ditentukan karena angkut personal maka callsign gue "avanza" dan leader yang bawa cargo "hilux" jadi mirip merek mobil dengan brand Toyota, mentang" bawa orang jadinya avanza, sedangkan angkutan barang / pick up jadi hilux....he...he...he...kecut juga mikirnya...
Avanza

inside Hilux

Tugas gue adalah mengangkut saja tidak mengetahui kenapa harus didropping di RTU itu juga bukan urusan gue, yang penting tunduk pada perintah atasan, penumpangnya muda" aja jumlahnya kurang dari 10 orang tidak ada tampang orang penting seperti pejabat atau tamu negara jadi mungkin itu alasannya gue diperbolehkan bawa personel...yah itung" nambahin jam terbang...

Standar procedure untuk check all component, radio, bahan bakar, peta dll clear, report to dispatch ready on duty, take off deh..

Setengah jam setelah take off gue sengaja bikin manuver" ringan ke kanan dan ke kiri dari posisi leader, sepertinya bikin penumpang tidak merasa nyaman, sempat terdengar celetukkan penumpang di belakang "untung aku tadi udah minum antimo" dengan sigap kuhidupkan speaker phone "selamat siang disini capt. Fachrie, mohon maaf perjalanan Anda sedikit tidak nyaman, lantaran pilot in command Anda sekarang ini terbiasa bawa karung beras bukannya penumpang" dan langsung aja kontan terdengar cekikian di belakang.

Sampai di posisi perkiraan sempat holding and roung beberapa kali untuk memastikan Landing Zone akhirnya leader memerintahkan landing yah gue langsung cari spot terbuka dan mendarat dengan aman, sialnya udah jadi pilot jadi load master juga nih bantuin ngangkut barang...ha...ha...ha....

Sekitar 10 menit dropping selanjutnya leader meminta "direct flight captain, RTB!" otomatiss ikut perintah leader...karena untuk sementara ini dialah komandan di lapangan.

waktu berangkat leader terbangya lambat karena ada muatan, tapi pas pulang gue yang ngosngosan ngejar leader, ternyata pulangnya sepi...sendirian flight, leader juga demikian...mau buka radio fm kaya di mobil mana sampai freq-nya yah...nyanyi sendiri aja...

RTB,
"Base insight" akhirnya keluar dari leader yang artinya kita hampir sampai, kubalas dengan "Roger that lead, I'm ur wing"
selanjutnya leader contact tower, "Ulin tower, Hilux and Avanza dropping mission clear, RTB, requesting for landing",
dibalas oleh menara pengawas "go ahead Hilux and Avanza, direct on ur nest, both of you clear for landing, thank you!"

Landing skid touch ground dan marshaller meminta turn off engine, tugas gue selesai...
tinggal nunggu perwira teknik assist post flight check, tanda tangan dan ternyata ada amplop wah...alhamdulillah dapet charge nih he...he...he...langsung gue keluarin zakatnya, ambil selembar kasihkan ama prajurit teknik yang tugas assit post flight.

leader senyum-senyum mesem-mesem aja mukanya, dan gue langsung nepuk-nepuk perut gue...
leader langsung tertawa, "udah ah ayo kita ke rumah makan Padang..." he...he...he...
ternyata leader kelaperan juga...

Bravo

5 komentar:

el-ferda mengatakan...

ternyata sampeyan juga butuh imajinasi ya kang... sekurang-kurang imajinasi akan berguna kalau sampeyan tidak bisa istirahat atau liburan. he he he.

salam kenal,
met bekerja. aku link sampeyan. lihat di blogku.

iLova mengatakan...

Wew..
salam kenal,
asyik juga nih baca blog anda
ga sengaja nyasar kesini

Mochamad Yusuf mengatakan...

Salam balik dari saya, Yusuf.

Saya masih bingung mendeskripsikan sampeyan. Pilot? Rasanya iya. Tapi pilot militer, rasanya iya juga, karena ada kata-kata prajurit dan komandan. Tapi melihat bio data kok kerja di telekomunikasi ?

Oke, terus menulis tentang terbang. Saya suka sekali. Sebuah impian yang tidak pernah kesampaian.

Fly High On The Sky
M Yusuf
--------
m.yusuf.web.id

fachrie230 mengatakan...

el-Ferda blogna kaga bisa dibuka atuh...


ilova, thanks udah mo' jengukin blog ane, nyasar itu nikmat...

buat bang Yusuf, masih bingung ya...he...he..
Emang orang telnav kaga boleh berkiprah di militer...??
kan tentara ga' kudu kokang senjata aja he...he...he...
yah If told you, I Would to kill U...he...he...he...

Bravo for all

dee'wh!e...@. mengatakan...

Ka....
piye kbre kak???
Ney alamt blog dewi yang baru:
kimdeheroblue07.blogspot.com...

Kegiatan dewi lbih cnderung ke peljrn NA.. jadi kalo dikasi tw krang phem, kecuali b'ulng kale dijlskan...

HexxXxx...